Rekomendasi Buku Penambah Wawasan Yang Wajib Kalian Baca

Seiring berjalannya waktu, kebiasaan membaca buku yang ditanam sejak kecil perlahan mulai dilupakan. Apalagi bagi yang sudah berstatus mahasiswa saat ini.

Padahal, sebagai mahasiswa kebiasaan membaca buku sangat penting karena bisa memberikan kalian pengetahuan serta wawasan baru.

Dengan sering membaca berbagai jenis buku, otomatis wawasan kalian akan meluas sehingga meningkatkan kemampuan untuk menjawab berbagai pertanyaan yang didukung dengan fakta yang lebih akurat saat dosen bertanya.

Sebagai seorang mahasiswa, kebiasaan membaca buku sangat penting dan akan memberikan banyak sekali manfaat jika dilakukan secara rutin.

Sama seperti pengalaman, selalu ada banyak hal yang bisa dipelajari dari buku. Namun, biasanya yang menjadi masalah adalah bagaimana cara memilih bukunya.

Nah, di bawah ini kami akan berikan beberapa rekomendasi buku penambah wawasan kalian sebagai mahasiswa.

1.How To Be A Person – Lindy West, Dan Savage, Christopher Frizzelle, Bethany Jean Clement and The Staff of The Stranger

How To Be A Person – Lindy West, Dan Savage, Christopher Frizzelle, Bethany Jean Clement and The Staff of The Stranger

Mungkin kalian sudah membaca setiap buku panduan dari kampus yang sudah disediakan dan harus kalian baca.

Namun, dari semua buku yang kalian baca tentu tidak ada yang mengajari kalian seputar tips untuk menggoda orang – orang kutu buku, bagaimana cara mengubah PDKT menjadi hubungan yang sebenarnya, bagaimana cara menulis kalimat yang tepat, dan hal-hal lain yang sebenarnya berguna untuk beradaptasi di kehidupan perkuliahan.

Nah, buku berjudul How To Be A Person ini wajib dibaca oleh setiap mahasiswa. Buku ini merupakan salah satu buku nasehat yang mengaitkan dengan realita-realita di kampus dan sitasi-situasi rumit yang akan kamu hadapi di masa perkuliahan.

Dengan penulis dari latar belakang dan universitas yang berbeda-beda, buku ini sangatlah penting bagi setiap mahasiswa yang takut menghadapi masa transisi.

2.1984 – George Orwell

1984 – George Orwell

Jangan mengira bahwa membaca buku fiksi atau novel tidak akan memberikan ilmu sama sekali. Karena, kalian salah besar.

Buku 1984 karangan George Orwell ini adalah suatu satiran terhadap ideology komunisme yang menguasai hampir seluruh negara saat itu.

George Orwell menceritakan apa efek samping yang terjadi jika suatu negara menerapkan ideology komunisme.

Kalian dijamin akan bergidik saat membaca buku ini dimana suatu kebebsasan menjadi punah dan segala tatanan sosial sudah diatur oleh orang partai yang selalu memantau masyarakatnya. Kalian akan banyak tau setelah membaca buku sastra fenomenal yang satu ini.

3.Starter for Ten – David Nicholls

Starter for Ten – David Nicholls

Dengan sedikit drama, beberapa harapan serta banyak kebingungan, buku berjudul Starter for Ten ini mengeksplorasi semua ketidakpastian yang akan kita hadapi.

Mulai dari cinta yang bertepuk sebelah tangan atau ketakutan dimana kalian merasa tidak sebaik yang kalian pikirkan.

Buku ini menunjukan perjuangan – perjuangan untuk membentuk kembali diri kalian. Starten for Ten sangat direkomendasikan untuk mahasiswa agar mereka bisa memahami secara keseluruhan dan mengatasi ketidakpastian mereka.

4.The Tipping Point – Malcolm Gladwell

The Tipping Point – Malcolm Gladwell

Tipping point yang dimaksud oleh penulis di dini adalah masa – masa penting mengenai wabah sosial yang terjadi di berbagai aspek kehidupan sehari – hari.

Termasuk dalam perubahan sosial ini adalah tren dan penggunaan media sosial. Walaupun pertama kali diterbitkan tahun 2000, namun The Tipping Point masih relevan untuk dibaca oleh mahasiswa sampai sekarang karena masih menyinggung cara dan alasan – alasan orang – orang bertukar ide dan informasi sehingga menjadi viral.

Jika kalian ingin lebih memahami mengenai bentuk komunikasi tanpa batas waktu, kalian bisa mencoba membaca buku ini.

Tulisan Gladwell juga membantu di aspek-aspek yang lebih spesifik seperti interview, sales, dan penyampaian pikiran.

Nah, itulah 4 rekomendasi buku yang bisa menambah ilmu pengetahuan kalian, apalagi bagi kalian para mahasiswa yang pasti sekarang sudah jarang sekali membaca buku.

Buku merupakan jendela ilmu sehingga semakin banyak buku yang kita baca maka akan semakin banyak pula pengetahuan yang bisa kita dapatkan nantinya.

Semoga artikel ini dapat berguna serta bermanfaat terutama bagi kalian para mahasiswa yang berencana menambah ilmu pengetahuan lewat buku bacaan.