Atomic Habits, Perubahan Kecil Yang Memberikan Hasil Luar Biasa!

Karya James Clear yang berjudul Atomic Habits ternyata sangat menarik dan masuk nominasi bestseller oleh Gramedia Indonesia.

Buku ini disajikan oleh penulis sendiri, dengan pengantar cerita yang sangat menarik. Dengan asumsi sesuatu yang tidak terduga, James muda mengalami kecelakaan dan tidak pingsan, sehingga James harus dirawat di rumah sakit.

 Kecelakaan itu disebabkan oleh tangan seorang teman yang melakukan kesalahan saat bermain bisbol ketika pemukul jatuh dari tangannya dan mengenai wajah James.

Setelah tiba di rumah sakit, James dirawat. Singkatnya, James mengalami cedera yang mencegahnya berpartisipasi dalam permainan bisbol.

Setelah pulih dari cederanya, James mulai berlatih keras untuk masuk ke kelompok utama sekolah menengahnya, tetapi tidak berhasil, James tidak dapat masuk ke kelompok utama bisbol sampai ia lulus dari sekolah menengah.

 James tidak menyerah, berolahraga sebanyak mungkin sepanjang waktu untuk menjadikannya kebiasaan.

Hal itu dibuktikan dengan kebiasaan baik yang terus ditingkatkan untuk mengantarkan James sukses di bangku kuliah.

Cukup banyak prestasi yang membuat James terkenal di universitasnya hingga ia lulus, berkat kebiasaan yang lebih peduli dan kejam, segalanya menjadi mungkin.Kegagalan James di sekolah menengah tidak mengurangi kesuksesan James di perguruan tinggi.

 James menggambarkan kekuatan luar biasa dari hasil kebiasaan sederhana, yang berarti bahwa perubahan yang sangat kecil dapat membuat perbedaan besar.

Empat langkah sederhana yang akan mengarah pada kebiasaan yang lebih baik dan perubahan besar. Empat langkah tersebut adalah: membuatnya terlihat, membuatnya menarik, membuatnya sederhana dan memuaskan, jika ingin hasil terbaik lupakan tujuan Anda dan fokus pada sistem.

 Kebiasaan kecil membentuk identitas Anda dan sebaliknya, mengapa begitu mudah mengulangi perbuatan buruk dan mempraktikkan kebiasaan baik?

Perbuatan baik hanya berlangsung sesaat dan tidak berlangsung lama.Ada dua kesalahan yang dilakukan ketika mencoba membiasakan perbuatan baik, yaitu mencoba mengubah sesuatu tetapi dengan tujuan yang salah dan mencoba mengubah sesuatu tetapi dengan cara yang salah.

 Kesalahan pertama diatasi dengan beberapa cara, yaitu dengan mengubah hasil Anda, mengubah proses Anda, dan mengubah identitas Anda.

Perubahan identitas terkait dengan keyakinan tentang bagaimana Anda melihat dunia, citra Anda sendiri dan penilaian tentang diri Anda dan orang lain.

Hasil adalah apa yang Anda perjuangkan, proses adalah cara Anda melakukannya, dan perubahan identitas adalah apa yang Anda yakini. Anda memiliki tujuan dan sasaran baru, tetapi Anda tidak mengubah siapa diri Anda, jadi ini salah.

Ada dua proses perubahan identitas: Pertama, tentukan tipe orang yang Anda inginkan. Kedua: uji diri Anda dengan kemenangan kecil.

Konsep kebiasaan berbasis identitas menjadi kebiasaan dalam identitas baru. Kebiasaan Anda dibentuk dalam sistem kehidupan Anda. Kebiasaan apa pun bisa diubah. Pecah menjadi umpan balik, yang menguraikan empat aturan: sinyal, kegembiraan, respons, dan penghargaan.

 Ubah empat aturan perilaku untuk meningkatkan kebiasaan, yaitu membuatnya terlihat, membuatnya menarik, membuatnya mudah dibuat dan membuatnya sukses.

Aturan pertama, ada sosok yang terlihat di atasnya. Untuk secara otomatis mengaitkan kesadaran pikiran dengan situasi apa pun yang muncul ketika, misalnya, jantung memompa darah, paru-paru sebagai tempat bernafas, perut Anda mencerna atau rambut Anda tumbuh di mana tidak ada kesadaran, tetapi secara otomatis tanpa kita mengatakannya.

 Ketika kesadaran otak kita berfungsi seperti peristiwa ini, kesadaran untuk berpikir dalam aktivitas terkecil akan muncul secara otomatis.

Kita harus terbiasa dengan hal-hal yang membentuk identitas dan mengarah pada perilaku yang lebih baik. Setelah kesadaran otomatis, kita tidak perlu memperhatikan situasi kecil. Kartu Skor Kesadaran adalah latihan sederhana untuk menyadari nilai Anda.

Aturan kedua adalah membuatnya menarik. Jika Anda ingin meningkatkan kemungkinan insiden kriminal, buatlah itu menarik.

Pertama-tama, kita perlu melakukan dan memahami apa itu gairah dan bagaimana cara kerjanya. Semakin menarik kesempatan, semakin besar kemungkinan kebiasaan itu akan bersarang di jiwa.

Dengan godaan strategi ini, Anda mencocokkan tindakan Anda dengan tindakan yang Anda inginkan. membutuhkan.

 Budaya tempat kita tinggal sangat mempengaruhi perilaku yang kita minati atau tiru; kita cenderung mengadopsi budaya yang dipuji dan diterima oleh budaya kita untuk diakui oleh kelompok tempat kita tinggal agar diterima.

Cara melakukan ini Menarik dianggap biasa dan memiliki kesamaan dengan kelompok.Ketika perilaku dipuji, dihormati, dan dihargai, itu bisa dikatakan menarik.